Capaian pembelajaran lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Timor dilakukan dengan memerhatikan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti), deskriptor KKNI, dan kesepakatan/rekomendasi Ikatan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (IKAPROBSI) pada Munas III tahun 2016. Capaian Pembelajaran Lulusan ini terdiri atas aspek Sikap (S), Pengetahuan (P), Keterampilan Umum (KU), dan Keterampilan Khusus (KK).

KODE CPLCAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN
 SIKAP
CPL-S1Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
CPL-S2Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
CPL-S3Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
CPL-S4Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
CPL-S5Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
CPL-S6Memiliki kepedulian dalam menjaga dan merawat kesehatan diri dan lingkungan;
CPL-S7Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
CPL-S8Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
CPL-S9Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
CPL-S10Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
CPL-S11Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
CPL-S12Menginternalisasi sikap apresiatif dan peduli dalam pelestarian seni dan bahasa Daerah, dan nilai-nilai sosial budaya yang berkembang di masyarakat perbatasan NKRI dan RDTL;
CPL-S13Menginternalisasikan sikap percaya diri, kerjasama tim, memahami, menghargai dan menghormati diri dan orang lain, sehingga mampu hidup secara harmonis di tengah masyarakat.
 PENGETAHUAN
CPL-P1Menguasai konsep dasar kebahasaan dan kesastraan Indonesia, keterampilan berbahasa dan kesastraan Indonesia, pembelajaran keterampilan berbahasa dan bersastra Indonesia,serta penelitian pembelajaran keterampilan
 berbahasa dan bersastra Indonesia;
CPL-P2Menguasai prinsi-prinsip pedagogi dan psikologi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia;
CPL-P3Menguasai konsep teori pengembangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
CPL-P4Menguasai prinsip dan manajemen kewirausahaan bidang bahasa dan sastra Indonesia serta pembelajarannya.
 KETERAMPILAN UMUM
CPL-KU1Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
CPL- KU2Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data, unjuk kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
CPL- KU3Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
CPL- KU4Menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
CPL- KU5Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
CPL- KU6Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasiterhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskankepada pekerja yang berada di bawahtanggungjawabnya;
CPL- KU7Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu melaksanakan tugas secara mandiri;
CPL- KU8Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
 KETERAMPILAN KHUSUS
CPL-KK1Mampu berbahasa dan bersastra Indonesia, secara lisan dan tulisan dalam konteks keseharian/umum, akademis dan pekerjaan;
CPL- KK2Mampu mengapresiasi, mengekspresi, mengkreasi karya sastra Indonesia secara lisan dan tulis;
CPL- KK3Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran serta menghasilkan desain pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang inovatif;
CPL- KK4Mampu merencanakan dan melakukan kajian terhadap implementasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia secara terintegrasi.
CPL- KK5Mampu menghasilkan layanan jasa dan produk kreatif dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia serta pembelajarannya